Notification

×

Iklan

Iklan

Gotong Royong Sebagai Sistem Ketahanan Ekonomi Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19

03/12/21 | Desember 03, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T09:12:32Z

 



Gotong Royong Sebagai Sistem Ketahanan Ekonomi Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19


MAJALAH CEO- JAKARTA-

Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  adalah Bakti Sosial. 


Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan serta melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih (preferential option for the poor) pada semua strata, yaitu masyarakat yang tersisih secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya.




Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan dalam rangka memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan untuk meringankan sedikit beban berupa pembagian bingkisan sembako dan pelatihan usaha jualan dalam skala kecil kepada anggota Satuan Pengamanan Lingkungan di Wilayah RW 06 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang terkena dampak ekonomi secara langsung akibat masih berlangsungnya wabah Covid-19.



 


Samuel Horas Sarjana,S.E.,M.Ak., selaku penggagas dan pelaksana Program PKM dari STIE JAYAKARTA Jakarta Pusat 



Samuel Horas Sarjana,S.E.,M.Ak., selaku penggagas dan pelaksana Program PKM dari STIE JAYAKARTA Jakarta Pusat ini berinisiatif membantu program pemerintah dalam meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah yang sangat terpengaruh dengan adanya wabah covid 19 ini, dengan memberikan bantuan sembako sebagai bentuk langsung yang bisa dikonsumsi untuk meringankan beban saudara kita yang terkena dampak virus corona. 


 




Metode kegiatan yang digunakan adalah melakukan kerjasama dengan pengurus RW 06 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit Jakarta. Sebelum kegiatan dilaksanakan, dilakukan komunikasi awal dengan Ketua Pengurus RW 06 lingkungan setempat yang kemudian dilakukan survei lapangan untuk mengetahui kondisi riil masayarakat dan mengidentifikasi keluarga sasaran dalam pelaksanaan kegiatan PKM. Setelah mendapatkan data keluarga yang memenuhi kriteria sebagai sasaran maka komunikasi lanjutan kepada pengurus lingkungan dalam menetukan waktu pelaksanaan dan teknis kegiatan.


 



Manfaat Bakti Sosial dan Pelatihan Membangun jiwa solidaritas dan rasa moralitas yang tinggi salah satu caranya yaitu dengan menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain, selain itu juga dengan menjalin silahturahmi dengan orang lain dengan cara rutin melakukan komunikasi demi menjadi tali silahturahmi yang intensif dengan individu atau kelompok lain. Selain itu manfaat dari kegiatan ini adalah untuk membantu pemberdayaan masyarakat, menurut Samuel Horas S,S.E.,M.Ak, pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap masalah ekonomi dan keterbelakangan. Dengan kata lain memberdayakan adalah memampukan dan memandirikan masyarakat.


 



Kampus STIE & STMIK Jayakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. kegiatan ini bertujuan untuk sedikit banyaknya meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Kegiatan ini berlangsung satu hari yaitu tanggal 30 Oktober 2021 yang bertempat di RW. 06 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit Jakarta Timur. Kegiatan ini di ketuai oleh Samuel Horas Sarjana, S.E, M.Akt.

×
Berita Terbaru Update