Notification

×

Iklan

Iklan

FAKTA UNGKAP BOBROKNYA KINERJA DISDIK DKI JAKARTA, PASCA ROBOHNYA SMAN 96 JAKARTA BARAT

24/11/21 | November 24, 2021 WIB Last Updated 2021-11-24T10:01:12Z

MAJALAH CEO - Negara indonesai merupakan negara demokrasi konsitusional yang mana segalah regulasi serta kebijakan diatur dalam undang-undang, tentunya semua orang harus tunduk dan patuh terhadap undang-undang itu sendiri sehingga azas equality before the law itu dapat terealisasi dalam konteks berbangsa dan bernegara sesuai dalam perintah konsitusi.

Indonesia hari ini darurat korupsi yang sudah stasium akhir, artinya kita diperhadapkan dengan ancaman korupsi yang bagitu sistmatis dan terstruktur, Kasus dugaan penyalagunaan anggaran negara baik di pusat maupun daerah perlu dikawal sehingga tercipta good governance dan Clean Governanc.

Dengan beberapa tuntutan sebagai berikut :
Diketahui, SMAN 96 Jakarta tengah direnovasi menyeluruh yang dilakukan oleh PT Adhi Karya sebagai pemenang tender bekerja sama dengan PT Penta Rekayasa sebagai konsultan perencana. Renovasi tersebut merupakan bagian dari program Rehab Total Gedung Sekolah dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Berdasarkan penelusuran di dokumen LPSE Provinsi DKI Jakarta-Informasi Tender, SMAN 96 Jakarta merupakan bagian dari 5 sekolah yang masuk dalam program Rehab Total Gedung Sekolah dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Nilai tender (paket) untuk program tersebut adalah Rp 115.312.160.113 dan untuk anggaran Rehab Total SMAN 96 Jakarta sebesar Rp 37.557.131.622.

Menurut korlap, diperlukan pengawasan ketat dari Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan bahwa baik pemenang tender maupun konsultan perencana sudah melakukan perencanaan bangunan rehab secara tuntas dan aman. Apalagi, pemenang tender telah ditunjuk untuk melaksanakan renovasi pada 5 gedung sekolah lainnya.

“Sudin Gulkarmat Jakarta Barat sudah menyampaikan dugaan bahwa robohnya gedung sekolah ini disebabkan oleh kesalahan konstruksi. Bila ternyata benar, ini berarti bahwa kualitas perencanaan rehab gedung sekolah ini belum matang. Padahal menurut dokumen lelang, mereka akan melakukan rehab ke 5 gedung sekolah lainnya, yang kontraknya senilai Rp 115 miliar. Maka dari itu, saya mendorong agar penyebab robohnya bangunan tersebut diusut secara tuntas, agar tidak terjadi lagi,” ujar Idris di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Sebelumnya, kata ifan wakano, atap SMKN 24 Bambu Apus roboh pada pada Februari 2020 lalu. Saat itu, ada indikasi kesalahan konstruksi, padahal renovasinya menelan miliaran rupiah dana dari APBD

“Jangan sampai kasus SMKN 24 terulang kembali. Sekolah tersebut direnovasi berat pada 2018 dengan nilai renovasi miliaran rupiah. Tetapi sejak 2019 terdapat indikasi kesalahan konstruksi, akhirnya pada 2020 roboh. Untuk itu, kami juga mengimbau kontraktor dan konsultan perencana bertanggung jawab penuh atas perencanaan dan pengerjaan rehab, karena ini menyangkut nyawa siswa didik,” tandas Idris.

Ifand wakano meminta Inspektorat Provinsi DKI Jakarta untuk turun tangan menginvestigasi kasus robohnya rehab sekolah ini mulai dari proses pengadaannya. Jika di kemudian hari ditemukan indikasi kelalaian atau kecurangan dalam pengerjaan Idris meminta agar Inspektorat tidak segan-segan menempuh jalur hukum dan mem-blacklist kontraktor berikut konsultan perencananya.

“Kita tidak boleh mengambil risiko. Harus ada investigasi tuntas dan serius oleh Inspektorat,” pungkas Ifand wakano Oleh karena itu kami yang tergabung dalam Front Aktivis Tanah Air. (FAKTA) mendatangi Kantor Dinas pendidikan DKI Dengan beberapa tuntutan sebagai berikut :

1. MENDESAK GUBENUR DKI JAKARATA ANIE BASWEDAN UNTUK MENCOPOT KADIS PEMDIDIKAN DKI JAKARTA ( NAHDIANA )
2. MENDESAK BPK UNTUK MELAKUKAN INVESTIGASI DAN AUDIK ANGGARAN RENOVASI SEKOLAH SMAN 96 CINGKARENG JAKARTA BARAT SENILAI 37,55 MILIAR.
3. MENDESAK BPK UNTUK MEMANGIL DAN MEMERIKSA PT. ADHI KARYA SEBAGAI PEMENANG TENDER PROYEK RENOVASI SEKOLAH SMAN 96 CINGKARENG JAKARTA BARAT. DAN PT PENTA REKAYASA SEBAGAI KONSULTAN PERENCANA. [red.iqmal]

Koordinator Lapangan: Ifand Wakano
×
Berita Terbaru Update