Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua MPR RI Bamsoet Diangkat Sebagai Dewan Pelindung Komando Resimen Mahasiswa (KOMENWA)

17/06/21 | Juni 17, 2021 WIB Last Updated 2021-06-17T14:56:40Z

 


MAJALAH CEO | JAKARTA - Dalam rangka memperkuat eksistensi Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa), Ketua MPR RI Bambang Soesatyo diangkat menjadi Dewan Pelindung Komando Resimen Mahasiswa.

Sesuai UU 23 tahun 2019 tentang PSDN untuk pertahanan Negara yang di dalamnya tersebut Anggota Menwa sebagai warga terlatih dalam rangka pendataan dan pmbinaan Komponen Pendukung (Komduk) maka Menwa dan termasuk Alumni atau anggota menwa di luar kampus harus berkontribusi dalam bela negara, Menwa dan Alumninya wajib ikut serta dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara sesuai UUD 45 pasal 27(3) dan pasal 30(1).

Menurut Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa Kehadiran Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN), membuka peluang bagi setiap warga negara mengikuti pelatihan semi militer untuk menjadi komponen cadangan atau pendukung untuk memperkuat peran TNI.

"Kehadiran UU tersebut sekaligus memberi peluang kepada organisasi seperti Menwa untuk bekerjasama dengan TNI, menguatkan semangat bela negara kepada para generasi bangsa," ujar Bamsoet usai menerima DPP Komando Resimen Mahasiswa, di Jakarta, Kamis (17/6/21).



Sedangkan Pengurus DPP Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) yang hadir antara lain Laksda TNI (Purn) Dr Suryo Wiranto MH, Dr. Datep Purwa Saputra MM, Ir. Arifin Laisa, Abd Mutalib SE. MHum dan Drs Sofi Afifi.

Bamsoet yang juga pernah menjadi Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, di Korea yang negerinya sudah mapan dan pendapatan rakyatnya sudah tinggi, masih mewajibkan setiap warga negaranya mengikuti wajib militer. Termasuk para artis top Korea yang digandrungi remaja Indonesia, dari mulai boyband hingga aktor drama Korea, semua mengikuti wajib militer. 

"Di Indonesia, kita memang tidak menganut wajib militer, namun bukan berarti menutup kesempatan kepada generasi bangsa yang ingin menjadi bagian kekuatan dalam sistem pertahanan. Melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI maupun pelaksanaan UU PSDN, Menwa bersama TNI bisa semakin memperkuat jiwa nasionalisme warga negara," jelas Bamsoet.

Pada silaturahim Pengurus Komenwa dengan ketua MPR RI juga membahas masalah pembinaan dan pedayagunaan menwa kedepan.

Sementara itu menurut Ketum Komenwa Datep Purwa Saputra menyampaikan sangat beterima kasih diberi kesempatan bisa diterima oleh ketua MPR, dan bisa berdikusi terkait wawasan kebangsaan, saya juga mengangkat beliau menjadi Dewan kehormatan Komenwa.

"Diharapkan dengan di angkatnya Bamsoet menjadi Dewan Pelindung Komenwa, beliau sebagai tokoh nasional bisa mempersatukan Menwa dan Alumni Menwa se Indonesia, itu harapan saya sebagai mantan Kasmenwa Jayakarta th 84/87 dan Komandan Menwa Jayakarta th 2005/2007," pungkas Datep


×
Berita Terbaru Update